kartu kredit contoh riba dalam kehidupan sehari hari

Yuk, Kenali Contoh Riba dalam Kehidupan Sehari-hari

Mungkin banyak dari Anda secara tidak sadar melakukan kegiatan yang masuk kategori contoh riba dalam kehidupan sehari-hari. Transaksi-transaksi seperti menabung, melakukan pengajuan kredit, membeli atau menjual sesuatu, hingga hal-hal yang berkaitan dengan investasi. Dari beberapa hal tersebut, tidak semua mengerti akan kemungkinan praktiknya. 

Pada transaksi jual beli misalnya, kegiatan-kegiatan di dalamnya sangat rawan terindikasi kemungkinan terjadi riba. Tidak sedikit juga yang menyadari akan potensi hal tersebut, namun banyak yang berusaha untuk tidak tahu. Mungkin itu terjadi karena banyak dari Anda yang tidak paham mengenai apasih itu riba dan bagaimana jenis serta bentuknya, berikut akan dijelaskan.

Paham Hukumnya Tapi Belum Tahu Contoh Riba Dalam Kehidupan Sehari-hari?

Apasih yang dimaksud riba? makna kata tersebut dalam bahasa arab berarti tambahan, dimana terdapat sebuah penambahan nilai untuk memberatkan salah satu pihak pada akadnya. Dari sekian banyak transaksi Anda lakukan sehari-hari, kegiatan ekonomi adalah yang berpotensi untuk terjerat. Secara umum ketentuannya berlaku dalam dua hal yaitu hutang dan piutang serta jual dan beli. 

  1. Hutang dan Piutang 

Saat ini banyak sekali lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman atau kredit dengan penambahan suku bunga atas pembayaran cicilan setiap bulannya. Bahkan pada akad awal yang dilakukan sudah memberatkan pihak debitur. Penentuan penambahan nilai untuk denda keterlambatan cicilan adalah salah satu contohnya, berikut jenisnya:

  • Riba Qard

Riba Qard adalah salah satu contoh riba dalam kehidupan sehari hari yang terjadi pada proses transaksi hutang piutang. Dilakukan dalam penambahan atas pengembalian pokok yang disyaratkan oleh kreditur kepada debitur saat melakukan persetujuan pertama. Misalnya seperti penambahan bunga hingga denda pada suatu keadaan tertentu. 

Pada kondisi tersebut tentu pihak peminjam atau debitur akan mengalami banyak kerugian, sedangkan kreditur secara langsung menikmati keuntungannya. Praktek seperti ini akan banyak ditemukan di beberapa bentuk pinjaman oleh bank dan bahkan rentenir. Tentu jika tetap melakukan bahkan setelah tahu kerugiannya, maka Anda akan berdosa besar.

  • Riba Jahiliyah 

Contoh riba dalam kehidupan sehari-hari lainnya yaitu dalam bentuk riba jahiliyah. Ketentuan ini berlaku apabila Anda melakukan suatu pengajuan peminjaman dengan nominal tertentu namun  jumlah total cicilan hingga akhir lebih tinggi dari pada yang diterima.  Sehingga pada kondisi ini akan banyak sekali yang kesulitan melakukan pelunasan ataupun angsuran setiap bulannya. 

Pada posisi tersebut, Anda akan semakin terpuruk lagi ketika terdapat denda keterlambatan yang harus dibayarkan beserta jumlah terhutang yang belum lunas lainnya. Bagi pihak pemberi pinjaman atau kreditur, tentu ini tidak ada ruginya dan masih memberikan keuntungan untuknya sendiri. 

Bahkan ketika tidak mampu melakukan pembayaran tepat waktu, akan dimanfaatkan oleh pihak penerbit pinjaman yang Anda terima. Hal buruk seperti inilah yang kemudian dilarang untuk dilakukan dalam islam. Karena termasuk di dalamnya sebuah unsur riba, yang memberatkan untuk kelangsungan hidup Anda. 

contoh riba dalam kehidupan sehari hari dalam bentuk hutang dollar

2. Riba Jual Beli

Sadar atau tidak bahwa kegiatan sehari-hari Anda tidak pernah lepas dari potensi bayang-bayang praktek riba. Misalnya saat membeli bahan makanan, melakukan investasi ataupun membeli barang berharga untuk disimpan sebagai tabungan. Jenis ini masuk dalam beberapa penjabaran kategori dari jenis riba dalam jual beli sehari-hari, yang akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Al-fadl

Pada kasus jenis Al-fadl terjadi saat melakukan jual beli kemudian dilakukan penambahan atau melebihkan nilai tawar pada salah satu barang yang dimaksudkan. Adanya unsur fudlu atau melebihkan maka dimasukan ke dalam jenis riba dalam jual beli sehari hari. 

Sedangkan untuk jenis barang terkait yang masuk dalam kategorinya disebut dengan ribawi. Contoh yang masuk di dalamnya seperti perak, emas, gandum, garam dan kurma. Pada ketentuan yang ada dalam ajaran agama islam, bahwa terkait beberapa benda tersebut tidak boleh ada ketimpangan nilai pertukaran dengan hasil yang diperoleh. 

  • Yad 

Apasih yang dimaksud dengan pengertian jenis Yad dalam contoh riba dalam kehidupan sehari-hari? tentu itu adalah kalimat pertama yang muncul di fikiran Anda. Menurut pemaknaannya bahwa jenis ini terjadi ketika seseorang melakukan sebuah transaksi jual beli benda non ribawi dan juga ribawi. Pada saat serah terima barang terjadi sebuah penundaan atas penerimaan dan juga pembayarannya. 

Dimaksudkan dalam pemaknaan tersebut bahwa seseorang yang membeli melakukan pembayaran secara kredit dan diangsur. Ketika nanti ada keterlambatan pengembalian, maka pihak pemberi pinjaman atau penjualnya akan memberikan tambahan nilai untuk dibayarkan. Sehingga terjadi pemanfaatan oleh satu pihak yang menyengsarakan pihak lain. 

  • Nasi’ah

Nasi’ah adalah contoh riba dalam kehidupan sehari hari  yang hampir sering tidak disadari dilakukan oleh seseorang. Terjadi akibat adanya suatu jual beli yang diberi tempo. Beberapa ulama mengatakan bahwa jenis ini terjadi dengan mengakhirkan dan menangguhkan benda ataupun barang yang dibeli untuk ditukar. 

Kenali Beberapa Contoh Transaksi dalam Aktivitas Harian yang Terindikasi Riba

Berdasarkan penjabaran beberapa jenis dan macam dari bentuk riba, didapatkan sebuah pertanyaan bagaimana dengan contoh transaksi riba dalam aktivitas harian?. Sadar atau tidak, banyak hal yang ternyata kita lakukan dan masuk ke dalam salah satu golongannya. Berikut akan ditunjukkan contoh praktisnya:

  1. Praktek Kartu Kredit

Dunia digital yang semakin berkembang menjadikan kartu kredit sebagai salah satu pilihan utama untuk membantu kehidupan. Mulai dari melakukan transaksi ekonomi harian seperti belanja bulanan, hingga hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan dan pendidikan. Sistem pinjaman yang memiliki batas waktu pembayaran disebut tenor ini, memiliki sebuah ketentuan yang memberatkan. 

Seperti akad untuk pelunasan yang dilakukan dibatasi oleh waktu tempo, dimana seorang bisa menerima membelanjakan sejumlah uang untuk kepentingan pribadi dengan pelunasan setelahnya. Jumlah yang dibelanjakan tidak ditentukan pada saat akad dengan jelas, hanya ada batasan yang menjadi patokan. Namun, pada setiap yang dikeluarkan akan terdapat dana tambahan untuk cicilan. 

contoh riba dalam kehidupan sehari-hari dengan kartu kredit

Selain itu pada ketentuan tertentu Anda juga diberikan biaya iuran untuk satu tahun pertama hingga selanjutnya. Dimana pada kondisi tersebut pihak penerbit yang akan lebih diuntungkan. Perlu disadari juga pada praktek ini, total yang dikembalikan dengan yang digunakan sangat berbeda. Terdapat sebuah hadiah untuk satu transaksi, ini juga bentuk dari riba yang tidak disadari. 

Hal yang paling penting lagi, bahwa saat Anda mengalami keterlambatan pembayaran maka akan terdapat denda yang ditambahkan untuk dibayarkan. Denda ataupun nilai tambah penalty ini juga masuk dalam contoh riba dalam kehidupan sehari hari. Saat semua telah jelas diketahui, namun tetap dilakukan maka akan banyak mudhorot diterima dan juga dosa yang membayangi. 

  • Kredit Motor

Contoh transaksi riba dalam aktivitas harian yang saat ini sedang menjadi tren adalah kendaraan bermotor. Banyak sekali leasing yang memberikan pelayanan terkait pinjaman pembelian untuk sepeda motor ataupun mobil. Mulai dari biaya cicilan yang rendah hingga yang memberikan tenor waktu pelunasan cukup lama. 

Mengapa ini masuk dalam contoh riba dalam kehidupan sehari hari? pertama karena diterapkannya cicilan dengan penambahan nilai sehingga jumlah total yang dibayarkan tidak sama dengan harga aslinya. Kedua, sadarkah Anda bahwa terdapat biaya-biaya lain seperti administratif dan sejenisnya yang juga harus dibayarkan. Dari kedua hal tersebut sudah jelas ciri-ciri dari jenis transaksi Nasi’ah.

Paling utama dan harus disadari, ketika pembayaran melebihi batas yang telah ditentukan, bukan hanya barang harus dikembalikan tapi juga ada denda untuk dibayarkan. Tentu keadaan seperti ini adalah bentuk praktik riba yang nyata dan perlu dihindari. Pasalnya hanya menguntungkan satu pihak dan merugikan yang lainnya. Segala yang dilarang oleh agama selalu untuk kebaikan diri seseorang. 

  • Bunga Bank 

Bunga bank, satu kata yang banyak memberikan pengaruh terhadap sistem keuangan yang disimpan atau dipinjam dari bank dan di beberapa lembaga keuangan lainnya. Secara maknawi yang dimaksudkan dengan hal tersebut adalah sebuah tanggungan yang dibuat dalam bentuk presentase atas jumlah uang yang dipinjamkan atau jasa yang diberikan untuk penyimpanan. 

Selain itu penerjemahan lain akan prakteknya bisa disebut dengan sebuah balas jasa atas transaksi yang diberikan kepada seorang nasabah sebagai bentuk penghargaan. Macam-macamnya ada banyak termasuk diantaranya bunga tabungan konvesional, giro, hingga deposito. 

Menanggapi hal tersebut dan ditambah dengan kesadaran dari orang akan buruknya dampak dari praktik riba bank, maka muncul alternatif lain dengan sistem syariah. Dimana di dalamnya ditekankan berbagai macam bentuk transaksi sesuai dengan kaidah muamalah dalam islam. Dengan harapan bisa meminimalisir terjadi berbagai macam jenis dari riba yang memberatkan pihak nasabah. 

  • Murabahah Emas

Apa yang dimaksud dengan murabahah emas? mungkin itu adalah satu pertanyaan untuk contoh riba dalam kehidupan sehari hari. Bentuk dari transaksi ini adalah jual beli emas dengan cara yang tidak tunai. Maksudnya ketika Anda melakukan pembelian dilakukan dengan pembayaran awal namun barang diterima dalam waktu berjangka atau secara online dengan bukti fisik yang tidak nyata. 

Terdapat beberapa pendapat akan status dari kegiatan terkait, apakah terindikasi riba atau tidak. Pasalnya Dewan Syariah Nasional (DSN) di Indonesia memberikan izinnya. Sedangkan pada penafsiran lain yang dilakukan oleh Dr. Erwandi Tarmizi, hal ini jelas masuk dalam indikator praktik yang diharamkan secara syariat. 

  • Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

Kredit kepemilikan rumah (KPR) saat ini telah menjadi satu alternatif paling diminati oleh orang-orang yang memiliki penghasilan sedikit namun ingin segera mendapat hunian pribadi. Pemerintah dengan beberapa lembaga keuangan yang ada,  bahkan meluncurkan beberapa jenis program terkait. Banyak penawaran menarik untuk diberikan kepada siapapun yang tertarik untuk melakukan pembelian. 

Memiliki rumah adalah impian semua orang, tapi yakinkah Anda masih ingin melakukan pembelian dengan sistem KPR, sedangkan di dalamnya terdapat praktik riba. Ingin tahu mengapa? karena terdapat suatu sistem angsuran yang jumlah totalnya berbeda dengan harga penawaran asli. Selain itu ada biaya administratif, bunga cicilan, dan juga denda untuk setiap orang yang terkena jatuh tempo.

Sebagai alternatif untuk memiliki rumah, anda bisa membeli dan bahkan mencicil dari agensi properti syariah. Listing yang tersedia merupakan rumah yang di jual dengan tata cara syariat islam dan dibangun oleh developer yang taat syariat.

contoh riba kpr rumah

  • Penggadaian 

Penggadaian adalah bentuk dari salah satu contoh riba dalam kehidupan sehari-hari. Dijalankan dalam sebuah sistem kelembagaan yang dilakukan dengan perputaran uang dalam bentuk gadai. Dimaksudkan dalam hal ini adalah pertukaran uang dengan nominal dan nilai pembayaran yang berbeda dengan barang sebagai jaminan. 

Indikasi akan adanya riba didapatkan pada saat melakukan penjaminan serta pembayaran akan uang yang diberikan sebagai bentuk pinjam untuk debitur dari pihak penggadaian. Misalnya Anda melakukan penukaran BPKB mobil sebagai jaminan, kemudian sejumlah uang diberikan setelahnya. Namun, cicilan dengan tambahan nilai tetap berlaku dan harus dibayar untuk tebusan. 

Jika terjadi permasalahan pembayaran bulanan, maka hal pertama yang diberikan oleh pihak lembaga penggadaian adalah memberikan denda untuk dibayarkan. Akan semakin banyak lagi tanggungan yang harus dilunasi. Sedangkan kepemilikan mobil juga akan terancam beralih jika semua tidak dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang disepakati. 

Tentu itu akan sangat menyulitkan satu pihak yaitu debitur. Sedangkan untuk lembaga penggadaian terkait tetap mendapat untung dengan jumlah yang bisa jadi lebih banyak dari yang dikeluarkannya. Untuk itulah kemudian transaksi hutang piutang ini masuk dalam jenis riba yang dilarang oleh agama. Jika merasa tidak ada jalan lain untuk penyelesaian keuangan, bisa dengan menjual barang saja. 

  • Jual Beli Kredit atau Angsuran 

Sepertinya transaksi jual beli kredit atau dalam bentuk angsuran bukan hanya pada produk sekunder ataupun tersier saja, bahkan hal-hal pokok seperti alat dapur juga masuk di dalamnya. Percaya atau tidak saat ini banyak sekali penjual yang menawarkan pembelian dalam bentuk cicilan. Contohnya yaitu tuperware, Anda bisa membelinya dengan melakukan pembayaran beberapa kali hingga lunas. 

Tentu pada praktik tersebut terdapat sebuah unsur riba, mengapa demikian? karena jika dilihat secara detail nominal untuk cicilan bulanan yang diberikan telah ditambahkan beberapa nilai tambah. Sehingga jika Anda melakukan penjumlahan dari bulan awal hingga akhir, penjual telah mendapat keuntungan atas setiap pembayaran yang dilakukan. 

Hindari Riba, Kenali Bahaya Riba

  • Bahaya Riba di Akhirat

Sudah sangat jelas bahwa riba dilarang dalam ajaran islam. Beberapa hadist yang diriwayatkan oleh perawi terpercaya juga menyebutkan bahwa Rasululloh jelas melarangnya. Bahkan disebutkan pula bahwa ini adalah golongan dari perkara yang masuk dosa besar. Terdapat sebuah hukuman untuk menjamin akan larangan yang dimaksudkan dituliskan dalam Al-qur’an. 

Ancaman perang atau murka dari Allah dan Rasul S.A.W terhadap praktik riba yaitu ada dalam surah Al-Baqoroh ayat 279. Dimana dikatakan bahwa siapapun yang tidak mau menghindari atau menjauhi praktik riba maka Allah dan Rasul dengan terang-terangan akan memeranginya. Sehingga sudah jelas bahaya yang akan diterima di akhirat kelak sungguh sangat memberatkan, karena masuk dosa besar.

bahaya riba dunia dan akhirat

  • Bahaya Riba di Dunia

Dampak dari praktik riba dan bahaya yang nyata sebenarnya ada saat kita di dunia. Pasalnya saat dengan sadar ataupun tidak sadar melakukannya, akan banyak sekali kerugian yang menjerat Anda. Mulai dari hutang yang semakin menumpuk, tagihan yang terus menghantui, hingga berbagai macam keburukan-keburaukan akan mengganggu kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, secara sosial masyarakat ini juga sangat berdampak. Dimana akan semakin banyak orang yang menjadi malas dan tidak lagi mengelola uangnya dengan baik. Karena merasa terfasilitasi dengan berbagai bentuk pinjaman berjangka. Kenyamanan dan juga keuntungan yang ditawarkan bersifat semu, namun terasa menyenangkan bagi orang yang terbuai oleh iming-iming riba. 

Itulah penjelasan terkait bagaimana contoh riba dalam kehidupan sehari-hari. Jenis dan macam-macamnya, contoh praktis, hingga keburukan yang didapatkan sebagai risikonya. Sebenarnya jika Anda ingin berfikir secara jernih, tidak ada permasalahan yang tidak menemui penyelesaian. Mendekati apa yang dilarang oleh agama adalah salah dan akan membawa keburukan lainnya.

Posts created 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top